3 Cara Mencegah Skema Kecurangan Dalam Transaksi (Fraud)

Skip to primary sideb

Resiko yang mengintai perusahaan ketika meluncurkan bisnis online tidak hanya mencakup mengenai laku atau tidaknya produk yang dijual. Namun ada juga masalah yang tidak kalah pentingnya yaitu masalah penggelapan atau penipuan terlebih bagi toko online yang menyediakan pembayaran dengan cara menggunakan kartu kredit. Ada banyak modus-modus penipuan kartu kredit yang bisa membawa resiko finansial, resiko hukum, dan juga resiko reputasi pada bisnis online Anda. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk memproteksi bisnis online Anda dari skema penipuan yang mengincar konsumen dan juga merchant usaha Anda.

cara hindari fraud

Nyalakan penyaring transaksi kartu kredit

Kebanyakan dari pintu pembayaran mengijinkan merchant yang ada di ecommerce untuk mengatur keamanan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan dasar kartu kredit dengan cara memblokir transaksi yang dinilai beresiko tinggi. Contoh yang paling umum adalah dengan memblokir transaksi yang alamat penerimanya tidak sama dengan yang terdaftar di data yang dimiliki oleh perusahaan kartu kredit, atau memblokir transaksi dari negara tertentu. Cara ini direkomendasikan bagi bisnis online yang memiliki resiko rendah atau belum pernah punya kasus penipuan/penggelapan/penyalahgunaan kartu kredit sebelumnya.

Melakukan review secara manual

Untuk bisnis online atau ecommerce dengan resiko yang menengah, melakukan review transaksi secara manual bisa jadi solusi yang lebih ketat dan fleksibel dibandingkan dengan hanya mengandalkan fitur penyaring transaksi saja, meski memang membutuhkan lebih banyak waktu. Reviewer akan menelusuri transaksi yang masuk dalam kategori tertentu misalnya transaksi dengan nilai yang batas bawahnya besar, atau transaksi yang alamat billing dengan alamat pengiriman barangnya tidak sesuai.  Yang dicek biasanya menggunakan Google untuk memastikan data pengguna kartu kredit tersebut, atau untuk mengecek alamat pengiriman barang valid atau tidak.

Mencegah penipuan dengan sumber daya pihak ketiga

Untuk yang resikonya besar, pernah kena kasus, atau untuk usaha kecil yang ingin membebaskan sumber dayanya untuk digunakan pada hal yang lebih esensial seperti untuk penjualan dan sebagainya, bisa menggunakan pihak ketiga untuk membangun tembok pertahanan transaksi yang lebih profesional. Teknologi-teknologi yang digunakan oleh perusahaan pencegah penipuan kartu kredit ini tentunya dikembangkan sesuai dengan modus-modus yang berkembang saat ini, sehingga lebih efektif dan perlindungannya juga lebih baik.

author
Author: 

    Related Post "3 Cara Mencegah Skema Kecurangan Dalam Transaksi (Fraud)"

    Kerja dari rumah
    Buat kamu yang saat ini work from
    Peluang Bisnis dengan Modal Kurang dari Sejuta
    Ingin membuka sebuah bisnis namun terkendala modal
    7 tips mеnјаgа ԁаtа ргіЬаԁі ԁі іntегnеt
    Tidak bisa ԁірυngkігі, ԁυnіа mауа Sudah menjadi
    6 сага menambah followers Sосіаӏ mеԁіа anda
    Ketika Sebuah Ьіѕnіѕ mυӏаі berkembang ԁаn mulai

    Leave a reply "3 Cara Mencegah Skema Kecurangan Dalam Transaksi (Fraud)"